Locations of visitors to this page ASVAN DESWAN BUPATI TEBO 2011-2016: SEJARAH KABUPATEN TEBO

FHOTO

FHOTO
FHOTO DIRI DAN ISTRI

Jumat, 13 Agustus 2010

SEJARAH KABUPATEN TEBO

PEMIMPIN BARU TEBO 2011-2016 JADIKAN SEMANGAT DAN JIWA MUDA ASVAN DESWAN UNTUK MEMIMPIN TEBO DEMI MASA DEPAN YANG LEBIH CEMERLANG


SEJARAH KABUPATEN TEBO



Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi dan gambaran yang jelas tentang sejarah kabupaten Tebo, dari masa pra sejarah, kerajaan, kesultanan, penjajahan, kemerdekaan dan hingga kini. Selain itu penelitian ini diharapkan memberi manfaat atau guna yang sejalan dengan guna sejarah :

1. Guna edukatif, yang memberi tambahan wawasan dan pengetahuan tentang sejarah kabupaten Tebo.

2. Guna instruktif, yakni menanamkan nasionalisme.

3. Guna inspiratif, yang memberikan ilham untuk penelitian lebih lanjut mengenai sejarah kabupaten Tebo.

4. Guna rekreatif, yang diharapkan dapat memberikan berbagai keunikan dari sejarah kabupaten Tebo.



Masa lalu bagaikan sebuah lautan peristiwa tak bertepi. Dan sepanjang masa lalu itu telah terjadi sederetan peristiwa, baik pada lokasi yang terbatas, maupun melibatkan lokasi atau wilayah yang luas, bahkan bisa teramat luas. Lalu kemudian setelah sejarah dilahirkan barulah kita mengenal batas, tepi, dan bentuk atau struktur masa lalu itu. Dan dari sejarah itu kita mengetahui sesuatu peristiwa. Kita mengetahui tentang “apa”, “bila”, “dimana”, “siapa” dan “bagaimana” peristiwa itu terjadi. Begitu juga dengan sejarah kabupaten Tebo tentu kita semua sangat berharap akan kemampuan dan kemauan dari generasi muda khususnya dan masyarakat kabupaten Tebo pada umumnya untuk dapat menjaga dan mengetahui sejarah kabupaten Tebo yang sesungguhnya, karena tidak mustahil hal ini akan berdampak terhadap sejarah di daerah akan luntur dan pudar ditelan waktu, apabila pemuda sebagai generasi penerus tidak menyikapi ini dengan serius. Untuk itu pemerintah kabupaten Tebo menganggap penting ditulisnya sejarah kabupaten Tebo yang diharapkan nantinya bukan hanya sebagai bahan bacaan di kabupaten Tebo tapi juga sebagai referensi dari sejarah nasional



Sejarah kabupaten Tebo tidak terpisahkan dari sejarah propinsi jambi, baik pada masa-masa kerajaan yang mendapat pengaruh hindu budha, islam, dan kemudian menjadi bagian dari wilayah pemerintah belanda serta jepang. Dan setelah proklamasi kemerdekaan, menjadi bagian dari wilayah propinsi jambi di bawah naungan republik indonesia.

Muara Tebo pada masa kesultanan jambi maupun masa perang kemerdekaan berperan penting dalam menentang penjajahan belanda, bahkan dapat dikatakan sebagai tempat konsolidasi kekuatan militer maupun politik dalam menghadapi penjajah belanda. Ini ditandai dengan terbentuknya pemerintahan kresidenan jambi dengan residennya bachsan. Pemerintahan kresidenan jambi yang terbentuk itu kemudian disahkan oleh pemerintah darurat republik indonesia tanggal 20 januari 1949, dengan ketetapan pdri no. 3/up/pdri. Ketetapan pdri no. 3/up/pdri ini bukan saja bermakna bagi perjuangan rakyat jambi melawan belanda, tetapi terlebih dari itu menggagalkan rencana licik belanda yang bermaksud menjadikan jambi sebagai negara boneka dalam negara federal sebagai ide politik dr. Beel, wakil kerajaan belanda di indonesia.



Kabupaten Tebo merupakan sebuah kabupaten yang terjadi dari proses pemekaran kabupaten bungo Tebo. Di mana pemekaran kabupaten ini merupakan keinginan dari masyarakat kabupaten bungo Tebo itu sendiri, yang langsung di sambut positif oleh pemerintah propinsi jambi dan pemerintah daerah kabupaten bungo Tebo dengan harapan pemekaran kabupaten ini dapat mempercepat proses pembangunan dan dapat mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakatnya.

Keinginan masyarakat Tebo untuk mempunyai pemerintahan kabupaten sendiri akhirnya terealisasikan, pada tanggal 4 oktober 1999 presiden republik indonesia ke-3 bj. Habibie mengsahkan pemekaran kabupaten bungo Tebo dengan ditandatangani undang-undang republik indonesia nomor 54 tahun 1999 tentang pembentukan kabupaten sarolangun, kabupaten Tebo, kabupaten muaro jambi dan kabupaten tanjung jabung timur. Dan diresmikan pada tanggal 12 oktober 1999 dengan dilantiknya pejabat bupati pada saat itu.



Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini, semoga allah swt memberikan rahmat dan hidayahnya serta meridhoi semua kegiatan yang kita laksanakan ini. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TINGGAL KAN PESAN ANDA DISINI ATAS MAJU NYA ASVAN DESWAN SEBAGAI BUPATI TEBO 2011-2016