Locations of visitors to this page ASVAN DESWAN BUPATI TEBO 2011-2016: 'PERESMIAN BALAI ADAT KABUPATEN TEBO TAHUN 2008'

FHOTO

FHOTO
FHOTO DIRI DAN ISTRI

Jumat, 13 Agustus 2010

'PERESMIAN BALAI ADAT KABUPATEN TEBO TAHUN 2008'

PEMIMPIN BARU TEBO 2011-2016 JADIKAN SEMANGAT DAN JIWA MUDA ASVAN DESWAN UNTUK MEMIMPIN TEBO DEMI MASA DEPAN YANG LEBIH CEMERLANG

'PERESMIAN BALAI ADAT KABUPATEN TEBO TAHUN 2008'


Pertama – tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat allah swt. Karena atas limpahan rahmat dan karunianya sehingga kita masih diberikan kesehatan dan kekuatan untuk menghadiri acara peresmian balai adat kabupaten tebo serta tujuh unit gedung kantor di lingkungan pemerintah kabupaten tebo.

Bapak mendagri, bapak gubernur dan saudara-saudara hadirin yang berbahagia

Sebagaimana diketahui bahwa di kabupaten tebo memiliki berbagai suku dengan tradisi dan adat kebiasaan yang beraneka ragam, yang masing-masing mempunyai ciri dan karakteristik tersendiri bak kato seloko adat “adat selingkung negeri, undang selingkung alam. Lain padang, lain belalangnyo, lain lubuk lain ikannyo” kesemuanya itu merupakan potensi dan kekayaan yang patut kita syukuri dan kita lestarikan. Sebagai generasi penerus pembangunan di negeri ini, sudah barang tentu kita semua sangat berharap akan kemampuan dan kemauan dari generasi muda untuk dapat menfiltrasi berbagai bentuk budaya luar yang bernilai negatif dan tidak sesuai dengan tatanan kehidupan kita, karena tidak mustahil hal ini akan berdampak terhadap adat dan tradisi di daerah akan luntur dan pudar ditelan waktu, apabila pemuda sebagai generasi penerus tidak menyikapi ini dengan serius. Sesuai dengan bunyi pantun adat :

“ arang safat debunya rintik

cempedak dapat dipadang pisang

orang beradat lakunya baik

idak beradat sopannya hilang”



Sebagaimana kita ketahui bahwa balai adat merupakan wadah atau tempat sebagai pelambang persatuan dan kesatuan serta musyawarah dan mufakat, tempat bersidangnya penghulu-penghulu atau pemangku adat untuk membicarakan urusan pemerintahan negeri, menyelesaikan dan menyidangkan perkara dan lain lain.

Selanjutnya dengan diresmikannya balai adat kabupaten tebo pada hari ini oleh bapak mendagri diharapkan eksistensi lembaga adat mampu mengangkat dan mengembangkan adat istiadat serta budaya daerah sebagai salah satu potensi kekayaan daerah. Untuk mewujudkan kondisi itu perlu adanya kesamaan persepsi dalam pengembangan dan pengamalan adat istiadat ini sehingga mampu memberikan dukungan terhadap kelangsungan pembangunan manusia indonesia seutuhnya.

Bapak mendagri, bapak gubernur dan saudara-saudara hadirin yang berbahagia

Bersama dengan peresmian balai adat ini juga akan diresmikan 7 unit bangunan kantor skpd kabupaten tebo.

Selanjutnya kami laporkan pula kepada bapak mendagri, bahwa saat ini di kabupaten tebo setelah dilakukan penyesuaian dengan pp no. 41 tahun 2007 terdapat 15 dinas, 5 badan dan 5 kantor serta 1 rsud. Dengan demikian dari 26 skpd, kabupaten tebo telah memiliki kantor sendiri sebanyak 22 skpd

Sebelum mengakihiri laporan ini dengan segala kerendahan hati kami mohon berkenan bapak gubernur jambi memberikan kata sambutan dan bapak mendagri memberikan pengarahan sekaligus menandatangani prasasti pembangunan balai adat dan tujuh unit bangunan kantor di lingkungan pemerintah kabupaten.

Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini, semoga allah swt memberikan rahmat dan hidayahnya serta meridhoi semua kegiatan yang kita laksanakan ini. Amin

Sekian dan terimakasih

Wabillahi taufiq walhidayah

Wassalamu ‘alaikum. Wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TINGGAL KAN PESAN ANDA DISINI ATAS MAJU NYA ASVAN DESWAN SEBAGAI BUPATI TEBO 2011-2016