Locations of visitors to this page ASVAN DESWAN BUPATI TEBO 2011-2016: BATU BARA TEBO SUMBANG PAD RP20 MILIAR

FHOTO

FHOTO
FHOTO DIRI DAN ISTRI

Sabtu, 07 Agustus 2010

BATU BARA TEBO SUMBANG PAD RP20 MILIAR

Jakarta, Bupati Tebo, Provinsi Jambi, H Madjid Mu`az mengatakan, jika potensi bahan tambang batu bara di daerahnya dieksploitasi secara maksimal bisa menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp20 miliar pertahun.

"Potensi batubara di Kabupaten Tebo sangat besar, tapi baru sebagian kecil saja yang telah diekploitasi oleh sejumlah investor," kata Madjid Mu`az, saat menghadiri musyawarah perencanaan pembangunan nasional (Musrenbangnas) tahun 2010 di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, dari 12 kecamatan di Tebo, sembilan kecamatan di antaranya menyimpan kandungan bahan tambang batubara yang bisa dimanfaatkan untuk bahan baku energi listrik.

Kecamatan yang memiliki kandungan batubara itu antara lain Kecamatan Koto Ilir, Serumpun, Tebo Ilir dan Tengah Ilir.

Saat ini Pemkab Tebo telah memberikan mengeluarkan 40 izin kuasa pertambangan (KP), namun baru tiga perusahaan yang telah melakukan penambangan atau ekplorasi, sisanya masih melakukan penelitian.

Ia menjelaskan, satu KP batubara yang beroperasi secara maksimal bisa memberikan sumbangan PAD bagi Tebo sebesar Rp2 miliar per tahun. Kalau 10 KP saja yang merealisasikan penambangan maka dalam satu tahun Kabupaten Tebo akan mendapatkan PAD Rp20 miliar pertahun dari batubara.

Dengan PAD sebesar itu, Kabupaten Tebo bisa mempercepat program-program pembangunan ekonomi kerakyatan dan kesejahteraan masyarakatnya, salah satunya dimanfaatkan untuk membuka akses jalan ke sentra-sentra ekonomi masyarakat.

"Masyarakat yang selama ini sering kesulitan membawa dan memasarkan hasil pertaniannya seperti karet dan sawit, akan lebih mudah dan lancar," katanya.

Oleh karena itu, Bupati mengharapkan ada investor yang berminat menggali dan memanfaatkan potensi batubara di daerahnya, dan pihaknya akan memberikan berbagai kemudahan agar pengusaha bisa berinvestasi di sektor pertambangan tersebut.

"Saya mengundang investor jika ada yang berminat menggali potensi batubara di Tebo. Pemkab Tebo akan memberikan kemudahan, termasuk kenyamanan berusaha dan berinvestasi," ujarnya.

Untuk mendukung masuknya investasi pertambangan batubara, Pemkab Tebo saat ini terus melakukan pembangunan infrastuktur, terutama jalan dan jembatan agar pengangkutan bahan tambang dan produk pertanian lainnya berjalan lancar.

Dengan tersedia jalan yang baik, masyarakat dan investor akan lebih cepat dalam mengirim dan memasarkan hasil produksinya. (ant)
Kembali ke : Home

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TINGGAL KAN PESAN ANDA DISINI ATAS MAJU NYA ASVAN DESWAN SEBAGAI BUPATI TEBO 2011-2016